Merinding! 11 Kejadian Mistis Ini Jadi Misteri Gunung Salak

Merinding! 11 Kejadian Mistis Ini Jadi Misteri Gunung Salak

Bagi masyarakat di pulau Jawa khususnya Jakarta dan Jawa Barat, Nama Gunung Salak sudah tidak asing lagi. Gunung yang terkenal dengan misteri gunung salak ini berada di dua wilayah administratif yaitu Bogor dan Sukabumi.

Gunung yang menjulang indah ini berhias hutan yang lebat. Gunung ini dipercaya sebagai salah satu gunung suci ini berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH dan menjadi salah satu wilayah konservasi miliki pemerintah dengan tajuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 

Penamaan gunung ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan nama buah salak. Nama Gunung Salak berasal dari bahasa Sansekerta “Salaka” yang berarti perak. Tidak salah, banyak orang yang menyebut bahwa Gunung Salak dengan Gunung Perak.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Gunung Salak pernah dijadikan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi sebagai pendiri kerajaan Padjajaran. Di lokasi ini pula, para batara dari kayangan turun dan bersemayam di sini. 

Sebagai destinasi unik dan menawan khas gunung tropis, Gunung Salak juga terkenal dengan kisah-kisah mistisnya yang masih menjadi misteri. Kisah-kisah ini tidak hanya datang dari penduduk setempat. Para pendaki yang mendaki gunung ini pun juga memiliki cerita yang sama.

Artinya, misteri Gunung Salak kini telah menjadi kisah folklor yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat sekitar gunung.

Berikut adalah 11 kisah mistis yang jadi misteri di Gunung Salak.

Kawasan Kawah Ratu dan Curug Seribu

Salah satu destinasi yang ada di Gunung Salak adalah kawasan Kawah Ratu dan Curug Seribu. Di kawasan inilah banyak memakan korban. Ini karena kawah ini mengeluarkan racun belerang yang berbahaya jika dihirup. 

Selain itu, terdapat beberapa wisatawan yang tenggelam saat sedang berenang di Curug Seribu. Arwah para korban inilah yang kemudian dianggap sebagai arwah yang bergentayangan di Gunung Salak.

Lokasi Jatuhnya Sukhoi Superjet 100

Hingga kini, sebenarnya da 6 kecelakaan pesawat yang terjadi di Gunung Salak. Namun, yang paling parah adalah jatuhnya pesawat komersial Rusia- Sukhoi Superjet 100 pada 9 Mei 2012 silam. Kecelakaan yang menewaskan 45 orang penumpang ini hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaannya. Ini menjadi salah satu misteri Gunung Salak yang belum terungkap.

Jeritan Wanita Meminta Tolong

Pada proses evakuasi pesawat Sukhoi, Tim SAR yang sedang menuju lokasi jatuhnya pesawat mendapati kejanggalan. Pasalnya, selama perjalanan tidak terdapat suara-suara yang biasa ditemui di hutan, seperti suara burung, dan binatang lainnya. Suasana saat itu terasa mencekam karena sunyi. Saat beristirahat, Tim SAR mendapati suara seorang wanita yang menjerit minta tolong. Suara itu terdengar jelas di telinga Briptu Agus Supriatna.

“Tolong, Pak. Tolong. Jangan lama-lama,” begitu Briptu Agus menirukan suara wanita yang dia dengar di pos istirahat yang lokasinya masih sangat jauh dengan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi

Mimpi Masal Diajak Kencan

Salah satu misteri Gunung Salak yang lainnya yaitu terjadinya mimpi masal diajak kencan. Kejadian ini dialami oleh anggota tim SAR yang sedang melakukan evakuasi di lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi. 

Di dalam mimpi ini, para anggota SAR mendapati mimpi bertemu dengan wanita cantik yang menyuguhi air minum di sebuah rumah di puncak Gunung Salak. Ketika memasuki rumah itu, para anggota SAR ini bercumbu dengan wanita cantik yang lain selayaknya suami istri.

Suara Gamelan

Para pendaki Gunung Salak mengaku bahwa mereka mendengar suara gamelan yang sangat jelas. Suara gamelan ini terdengar mendayu-dayu dan menambah suasana mistis di Gunung Salak.

Kampung Setan

Keberadaan kampung setan di puncak Gunung Salak masih dipercaya masyarakat sekitar. Isu terkait keberadaan kampung setan ini ditandai dengan adanya makam di puncak tersebut. 

Cerita tentang seorang yang membeli pisang goreng di puncak padahal tidak ada penjual di sana juga menguatkan isu tentang keberadaan kampung setan ini.

Penampakan Sosok Nenek

Menurut cerita dari salah seorang pendaki, dia bertemu dengan nenek renta yang berusia sekitar 80 tahun. Dalam pengakuannya, nenek ini melintasi medan yang cukup sulit dilewati anak muda. Ketika pendaki ini bertanya, nenek ini menjawab “Saya tinggal di sini kok, nak. Saya senang, karena kalau malam ramai. Orang-orang sering memberi makan saya di sini,” dengan bahasa Jawa.

Yang menjadi misteri Gunung Salak, penduduk kaki Gunung Salak mayoritas berbahasa Sunda, namun nenek ini berbicara menggunakan bahasa Jawa. Pendaki ini mengaku tidak dapat menemukan nenek ini lagi setelah beberapa saat kemudian.

Binatang Gaib

Misteri Gunung Salak selanjutnya adalah keberadaan binatang gaib. Warga yang tinggal di bawah kaki Gunung Salak mengaku pernah menemukan binatang seperti babi hutan berukuran sebesar truk tronton. Selain itu, terdapat juga ular kuda emas yang dipercaya sebagai penunggu hutan. Ada juga yang mengaku pernah bertemu dengan macan gaib yang konon jelmaan dari Prabu Siliwangi. 

Kejadian Aneh di Puncak Manik

Puncak manik adalah satu nama puncak di Gunung Salak. Lokasi ini juga dipercaya sebagai bagian dari kerajaan gaib Padjajaran. Misteri Gunung Salak yang terjadi di lokasi ini berupa adanya angin yang tak tentu arah, cuaca yang tiba-tiba gelap, dan tertutup kabut tebal. 

Puncak ini dipercaya masyarakat sebagai tempat berlangsungnya acara gaib pada bulan-bulan tertentu, seperti pagelaran Dongdang yang dimainkan para lelembut. Di puncak ini pula terdapat makam keramat yang kerap mengeluarkan asap.

Hilangnya Pendaki

Kejadian ini tidak sekali dua kali terjadi Gunung Salak. Hilangnya para pendaki hingga kini masih menjadi misteri Gunung Salak. Penduduk mengira bahwa kejadian ini ada kaitannya dengan larangan memetik bunga anggrek di kawasan Gunung Salak.

Di Gunung Salak memang terdapat beberapa jenis anggrek yang cantik. Ini yang membuat para pendaki terhipnotis setelah melihatnya. Bagi mereka yang mengambilnya, mereka akan kehilangan arah. Namun, jika bunga ini dikembalikan lagi ke tempat semula, mereka akan dapat menemukan jalan kembali dan dapat menceritakan kisah ini. 

Sebagai informasi, hingga kini masih ada pendaki yang belum berhasil ditemukan. Tidak ada yang tahu pasti mengenai hilangnya pendaki ini.

Pasukan Berseragam di Depan Tenda

Kisah ini berdasarkan pengakuan dari salah seorang pendaki yang mendaki Gunung Salak bersama dengan 12 temannya. Di perjalanan, dia melihat sosok hitam. Ketika dia bertanya kepada temannya, tidak ada satu pun temannya melihat apa yang dia lihat.

Singkat cerita, satu kelompok pendaki ini memutuskan untuk mendirikan tenda lebih awal. Ketika malam datang, pemuda ini tidak bisa tidur, sehingga dia memutuskan untuk keluar tenda untuk menghirup udara segar.

Alih-alih mendapat udara segar, dia telah melihat banyak sekali tentara berwajah pucat yang mengepung tenda. Selain itu, dia juga melihat harimau gaib yang berdiri di antara pasukan dengan mata yang bersinar. 

Pemuda ini mengaku diselamatkan oleh seorang wanita yang melantunkan ayat-ayat di atas bukit. 

Demikian adalah kisah-kisah yang menjadi misteri Gunung Salak. Semoga dengan adanya informasi ini, kita dapat selalu waspada dan berlaku sopan di mana pun dan kapan pun, termasuk saat mendaki gunung.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow